1. MKM (Meet Kawula Muda)

Gambaran Kegiatan: Kegiatan mempertemukan orang-orang muda dari berbagai agama dan kepercayaan di Kota Surakarta yang bertujuan untuk mengakrabkan dan juga mempererat jejaring antar orang muda di Kota Surakarta. Kegiatan MKM ini bisa diisi dengan sesi sharing pengalaman pribadi, ataupun juga  bebakaran, dan bisa  juga diisi dengan pentas seni.

  1. Camping Lintas Iman

Gambaran Kegiatan: Kegiatan ini dilakukan di salah satu tempat seperti di bumi perkemahan. Sistem dari kegiatan ini adalah semua peserta menginap selama kurang lebih 3 hari 2 malam. Selama kegiatan Camping ini teman-teman muda dari berbagai agama dan kepercayaan diajak untuk berdinamika melalui kegiatan outbond sehingga antar orang muda semakin mengenal satu dengan yang lain shingga tujuan dari kegiatan srawung yang sudah diikuti semakin dapat dirasakan dan diwujudnyatakan. Selain outbond, Camping Lintas Iman ini juga bisa diisi dengan kegiatan-kegiatan sosial yang melibatkan penduduk yang di ada sekitar lokasi camping ataupun juga sesi diskusi yang membahas mengenai pentingnya merawat kebhinekaan demi mejaga keutuhan NKRI. Dan kemudian sebagai rangkaian penutup acara, akan diadakan pertunjukan seni atau pagelaran budaya yang menampilkan kekhasan dari masing-masing agama / kepercayaan dari setiap komunitas yang hadir di acara ini.

  1. Gelar Budaya

Gambaran Kegiatan: Kegiatan ini dikemas dalam bentuk pameran budaya yang nantinya di dalam gelar budaya ini akan diperkenalkan mengenai ciri khas dari masing-masing agama dan kepercayaan yang ada di Indonesia, selain itu juga masing-masing komunitas dari setiap agama juga akan menampilkan pakaian-pakaian yang biasa digunakan untuk beribadah serta kelengkapan yang biasa digunakan, dan juga wawasan-wawasan tentang cara beribadah dari masing-masing agama.

  1. Anjangsana Lintas Iman

Gambaran Kegiatan: Teman-teman muda di Kota Surakarta melakukan kunjungan ke tempat ibadah yang sudah disepakati dan masih berada di lingkup Kota Surakarta. Yang kemudian diisi dengan dialog keagamaan yang bertujuan menambah wawasan dan pengetahuan baru bagi teman-teman muda.

  1. Workshop

Gambaran Kegiatan: Mengundang beberapa narasumber untuk memberikan wawasan mengenai Kebhinekaan dan perlunya merawat kebhinekaan di Indonesia. Yang menjadi sasaran utama dari kegiatan workshop ini  adalah siswa-siswi SMA se-Solo Raya. Dari panitia akan menetapkan kuota untuk jumlah peserta sehingga tetap bisa terkondisikan dengan baik.

  1. Live In

Gambaran Kegiatan:  Orang Muda  dari Lintas Iman diajak untuk tinggal  selama beberapa hari untuk hidup disuatu tempat seperti pondok pesantren ataupun kompleks para buddhist ataupun yang lainnya untuk melihat kegiatan sehari-hari seperti apa yang dilakukan dalam rangka mengamalkan nilai-nilai agama yang dihidupinya dan juga pengembangan iman mereka.. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan  pengetahuan baru dan juga menambah wawasan yang luas terkait dengan agama yang berbeda dari yang dianutnya sehingga diharapkan orang muda lintas iman di Surakarta  semakin mampu untuk mengerti dan memahami satu dengan yang lain.

  1. Layanan Pengobatan

Gambaran Kegiatan: Orang muda lintas iman bekerjasama dengan Rumah Sakit ataupun balai kesehatan membuka layanan pengobatan gratis untuk masyarakat umum.

  1. Parade Musik

Gambaran Kegiatan: Menghadirkan berbagai macam jenis musik yang sifatnya menghibur masyarakat secara luas.

  1. Bakti Sosial

Gambaran Kegiatan: Memberikan bantuan sosial bagi mereka yang membutuhkan bantuan dalm bentuk barang,  tanpa melihat segala perbedaan yang dimilikinya.

  1. Gotong Royong

Gambaran Kegiatan: Orang muda lintas iman menggandeng penduduk sekitar di suatu daerah yang sudah dipilih, yang kemudian bersama-sama membuat kegiatan sosial yang sifatnya membangun dan membawa dampak positif bagi kehidupan masyarakat setempat di daerah tersebut.

Share This